Sabtu, 12 November 2011

SECRET SHARING SCHEME


 Dunia teknologi berkembang begitu cepat. Data dan informasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari laju perkembangan teknologi saat ini. Pada kasus tertentu, kerahasiaan data adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu berbagai upaya dilakukan agar data hanya dapat diakses oleh mereka yang memiliki hak akses.
Suatu data rahasia jika hanya dikendalikan oleh satu orang saja akan membahayakan keamanan data rahasisa tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membagi data rahasia tersebut menjadi beberapa bagian. Skema Secret sharing merupakan suatu cara atau metode untuk membagi suatu data rahasia, menjadi beberapa bagian yang disebut shares, untuk dibagikan kepada sejumlah pihak yang disebut participants, dengan ketentuan tertentu. Aturan yang dimaksud adalah struktur akses, yaitu aturan tentang siapa saja yang mendapatkan otorisasi untuk membentuk data rahasia itu kembali. Data rahasia yang dimaksud lebih khusus adalah kunci hasil suatu proses enkripsi. Dalam suatu kelompok berlaku nilai ambang (threshold value), yaitu jumlah minimal participants yang dibutuhkan dalam suatu kelompok untuk membangkitkan suatu data rahasia.
Untuk menjaga keamanan kunci agar tidak hilang, disarankan untuk membuat sejumlah kunci cadangan. Namun resiko kerahasiaan kunci akan semakin besar dengan semakin banyaknya kunci cadangan yang dibuat. Secret sharing menangani masalah ini dengan membagi kunci menjadi beberapa bagian tanpa meningkatkan resiko kerahasiaan.
Permasalahan, misalkan sekelompok perampok yang beranggotakan 6 orang akan membuka rekening di bank. Pihak bank akan memberikan kata kunci rekening (PIN) kepada 6 orang tadi. Masalahnya, keenam perampok itu tidak percaya satu sama lain. Oleh karena itu, anda meminta pihak bank untuk membagi PIN menjadi 6 bagian,yang dalam hal ini dibutuhkan 3 orang perampok untuk merangkai bagian-bagian itu menjadi PIN  yang utuh. Bagaimana bank dapat melakukan pembagian ini?


lebih lengkapnya disini :
Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar